Makanan 4 Sehat 5 Sempurna : Contoh dan Manfaatnya

Sejak kecil kita diajari disekolah istilah makanan 4 sehat 5 sempurna yang menjelaskan kandungan gizi ideal manusia. Makanan 4 sehat terdiri nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan 5 sempurnanya adalah susu. Nasi merupakan sumber karbohidrat, lauk pauk sebagai protein, sayuran minaral dan buaha-buahan sebagai vitamin.
makanan 4 sehat 5 sempurna
Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

1. Makanan Pokok (Sehat)

Apa saja kategori makanan pokok yang menjadi bagian dari 4 sehat 5 sempurna ? berikut adalah contohnya :
  • Nasi
  • Jagung
  • Sagu
  • Singkong, kentang, atau umbi-umbian
  • Gandum
Tahukah kita zat-zat apa saja yang terkandung dalam makanan itu? dan seperti apa urutan konsumsi yang ideal bagi asupan gizi tubuh kita? Nah, berikut ini manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna dan zat yang terkandung di dalamnya:
Kandungan Gizi Makanan Pokok : KARBOHIDRAT
Nasi adalah sumber karbohidrat bagi tubuh manusia, nasi mengandung gula yang berfungsi menjadi sumber energi bagi tubuh. Mengkonsumsi nasi sebaiknya tidak setiap kali makan, atau bisa mengganti jenis beras putih dengan beras merah. Berikut manfaat beras merah jika dikonsumsi setiap hari:
  • Beras merah mengandung serat yang tinggi dan mengandung karbohidrat sederhana sehingga mampu menambah energi, cepat kenyang karena asupan tidak lebih dari 330 kalori/hari. Beras merah memiliki indeks glikenik rendah dibadinding nasi putih. Indek glikenik menunjukkan seberapa besar gula yang diproduksi oleh darah. Semakin tinggi konsumsi beras merah, semakin indeks glikemik yang memperoduksi gula darah dan meningkatkan produksi insulin.
  • Beras merah juga mengandung anti dioksidan vitamin B6 yang menjaga kesimbangan hormon serotonin dan memproduksi sel-sel DNA, selebihnya beras merah dapat mengahalau kolesterol jahat.
Selain nasi, sumber karbohidrat cukup lainnya seperti kentang, gandum dan umbi-umbian.
Share This :



sentiment_satisfied Emoticon